Tingkatkan Penyelenggaraan Kearsipan, UTU Gelar Rapat Koordinasi Arsiparis
  • UTU News
  • 27. 09. 2021
  • 0
  • 465

MEULABOH - UTU | Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA yang beberapa waktu lalu sudah melantik Arsiparis lingkup UTU, kali ini UTU yang merupakan kampus pertama yang menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi (Rakor) Arsiparis tahun 2021. Pelaksanaan Rakor Arsiparis Universitas Teuku Umar diikuti oleh seluruh arsiparis di berbagai unit kerja, baik di tingkat biro maupun di tingkat Fakultas. Kegiatan rakor berlangsung di Aula Lantai II Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Senin, 27 September 2021.

“Alhamduliilahirobilalamin, pada hari ini kita dapat menyelenggarakan rapat koordinasi antara pimpinan Universitas dengan seluruh Arsiparis lingkup UTU. Bahwa rapat koordinasi ini bertujuan untuk mendesiminasikan program kerja Rektor yang merujuk pada Statuta, Rencana Induk Pengembangan (RIP), visi-misi Universitas yang diturunkan pada Renstra 2021-2025 dan dijabarkan pada milestone setiap tahunnya. Sehingga diharapkan program kerja yang sudah dirancang dapat dilaksanakan di setiap Fakultas, Lembaga, dan Biro secara maksimal,” kata Ketua Rakor Universitas Teuku Umar tahun 2021 Raflizar, SSTP., M.Si yang juga menjabat sebagai Koordinator Arsiparis UTU.

Ditambahkannya, melalui Rakor ini diharapkan penyelenggaraan kearsipan dapat terarah dan  penyelenggaraan kearsipan yang mampu mendukung terwujudnya Tata kelola Perguruan Tinggi yang baik.

"Kepada seluruh rekan-rekan arsiparis, mari kita dalam melaksanakan setiap program kerja, semua unsur harus bisa saling bekerjasama secara kompak untuk mencapai tujuan bersama yaitu kemajuan Universitas Teuku Umar yang kita cintai,  yang sekaligus menjadi tempat kita untuk bekerja, berkarya, berprestasi yang nyaman, aman, damai dan harmonis serta mencari penghidupan yang barokah,” ujarnya.

Adapun Rakor ini diikuti oleh 33 orang Arsiparis, yang terdiri dari 5 Arsiparis Madya, 4 Arsiparis Muda, 23 Arsiparis Pertama dan seorang Arsiparis Terampil.

Rektor Prof Jasman dalam sambutannya mengatakan kita semua adalah arsiparis, karena sehari-hari kita mendokumentasikan kegiatan-kegiatan, arsiparis yang baik sangat beperan dan mendukung dalam kemajuan program kampus merdeka.

“Penyelenggaraan kearsipan yang bermutu menjamin penyelamatan bahan pertanggung jawaban serta menyediakan bahan pertanggung jawaban tersebut untuk mendukung kepentingan manajamen pemerintahan dan pembangunan. Dengan demikian sangatlah tepat pola penyelenggaraan kearsipan harus merujuk kepada UU No 43 tahun 2009 dan PP nomor 28 tahun 2012,” ujar Prof Jasman.

Ke depan harapnya, arsip tidak hanya dipandang sebagai catatan sejarah, melainkan bagian tidak terpisahkan dari manajemen organisasi. Karena keberhasilan pengelolaan arsip dengan sendirinya akan mempengaruhi kinerja organisasi. “Karena arsip organisasi secara nyata dan berkelanjutan memberikan dukungan kelancaran pada keseluruahn proses manajemen organisasi. Dengan adanya rakor kearsipan ini kita semua bisa lebih tertib lagi mengarsipkan dokumen – dokumen Negara yang menjadi tanggung jawab kita masing – masing,” tutupnya.

Sementara Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keungan, Dr. Ishak Hasan, M.Si dalam kesempatannya menyampaikan pengelolaan arsip yang baik di perguruan tinggi sangatlah  penting. Karena arsip yang tercipta dapat menggambarkan seluruh aspek aktivitas yang terjadi di perguruan tinggi, baik sebagai lembaga keilmuan, lembaga riset, dan lembaga layanan publik.

"Peran arsiparis itu dapat mengiringi pencapaian kesuksesan UTU dimasa yang akan datang." Jelasnya

Di hadapan peserta Rakor, Ishak Hasan menekankan keberadaan tenaga arsiparis di UTU merupakan ujung tombak dari pengelolaan arsip.

Adapun hasil dari rapat koordinasi arsiparis tersebut diantaranya adalah:
1. Peningkatan kapasitas arsiparis melalui pelatihan dan tingkat teknis
2. Revisi SK Rektor tentang penyelamatan Arsip
3. Melakukan kunjungan ke Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) bagi Arsiparis P3K, dan
4. meminta segera di fasilitasi Depo Arsip UTU.

Untuk diketahui, Arsiparis merupakan salah satu sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan dalam penataan arsip. Arsiparis merupakan Jabatan Fungsional di bidang kearsipan, setara dengan pustakawan (jabatan fungsional di perpustakaan) atau Laboran (jabatan fungsional di Laboratorium). Sebagai pegawai yang menduduki jabatan fungsional, diharapkan mampu bekerja lebih profesional sesuai dengan pedoman pengelolaan kearsipan yang berlaku. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :